PERENCANAAN PENINGKATAN KINERJA EKONOMI WILAYAH DI KOTA MALANG
PERENCANAAN PENINGKATAN KINERJA EKONOMI WILAYAH DI KOTA
MALANG
SUBSEKTOR AIR BERSIH TAHUN 2016 –
2020
OLEH :
QONITA AZZAHRA / 130722607352
S1 GEOGRAFI
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
KOTA MALANG
2015
PERENCANAAN PENINGKATAN
KINERJA EKONOMI WILAYAH DI KOTA MALANG
I.
PENGUMPULAN DAN ANALISIS
DATA
1.1 Permasalahan
Optimalisasi
Subsektor Air Bersih di Kota Malang.
Uraian Pembahasan :
Bentuk kepedulian mendukung program
pemerintah pusat dalam wewujudkan target 100 persen akses air minum kepada
masyarakat, PDAM Kota Malang terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi
dengan menargetkan tahun 2017 program tersebut dapat terealisasi, lebih cepat
dua tahun dari yang dicanangkan pemerintah pusat yakni tahun 2019. Untuk itu,
tidak cuma cakupan wilayah air siap minum atau ZAMP (zona air minum
prima) saja yang diperluas, sehingga masyarakat pelanggan PDAM dapat langsung
mengkosumsi air yang keluar dari kran. Tapi juga penambahan fountain tap yang
sebelumnya berjumlah 9 titik, pada tahun 2014 ditambah 29 sehingga total
berjumlah 38 titik fountain tap yang ditempatkan di sejumlah lokasi, baik
lembaga pendidikan, instansi pemerintah maupun tempat umum lainnya.
Amanat Undang-undang Nomor 17 Tahun
2007, tentang Rencanaan Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025,
target pembangunan sampai dengan 2019 adalah pelayanan akses universal air
minum dan sanitasi kepada seluruh masyarakat serta terwujudnya kota tanpa
kawasan kumuh, khusus PDAM Kota Malang di targetkan pada tahun 2017 layanan Air
Minum menjadi 100% cakupan. Menyikapi program tersebut PDAM Kota Malang terus
berbenah untuk menambah jumlah pelanggan dengan kenaikan yang sangat
signifikan, hal ini terlihat pada tahapan kenaikan jumlah pelanggan sebagai
berikut :
Tabel
1. Kenaikan Jumlah Pelanggan PDAM di Kota Malang
No.
|
Tahun
|
Jumlah
(Jiwa)
|
1
|
2010
|
100.168
|
2
|
2011
|
106.891
|
3
|
2012
|
116.857
|
4
|
2013
|
126.352
|
5
|
2014
|
132.647
|
Sumber
: PDAM Kota Malang
Peningkatan Kinerja Ekonomi Wilayah
di Kota Malang didasarkan oleh beberapa sector yang di dalamnya terdapat spesifikasi
lebih detail dan rinci perlu dianalisis lebih jauh karena setiap tahunnya
mengalami perubahan yang tidak menentu. Berdasarkan Data PDRB
ADHK selama 5 tahun mulai tahun 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2013,
didapatkan kesimpulan bahwa tidak semua sector masuk ke dalam kategori Basis
atau merupakan Sector Unggulan. Permasalahn yang terjadi sangat berkaitan
dengan ketersediaan ruang yang ada. Dari 8 Sektor yang ada, dalam Pengumpulan
dan Analisis Data ini mengambil pada Sektor Listrik, Gas dan Air Bersih yang
cenderung menganalisis pada subsector Air Bersih.
1.2 Analisis Data
1.2.1
Data PDRB ADHK dan LQ selama 5
tahun pada tahun
2009, 2010, 2011,
2012, dan 2013
Tabel. 2 Produk
Domestik Regional Bruto Kota Malang Atas Dasar Harga Konstan 2000 Tahun
2009-2013
|
||||||
Sektor/Sub
Sektor
|
2009
|
2010
|
2011
|
2012
|
2013
|
|
1.
Pertanian
|
56158,91
|
55625,28
|
52982,13
|
52161,16
|
51933,28
|
|
1.1 Tanaman Bahan Makanan
|
19354,55
|
19083,59
|
18835,50
|
18600,06
|
17882,10
|
|
1.2 Tanaman Perkebunan
|
24680,25
|
24058,31
|
21026,96
|
20131,21
|
20334,97
|
|
1.3 Peternakan
|
12028,77
|
12386,60
|
13020,79
|
13329,38
|
13613,51
|
|
1.4 Kehutanan
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
|
1.5 Perikanan
|
95,34
|
96,78
|
98,88
|
100,50
|
102,70
|
|
2.
Pertambangan dan Penggalian
|
6380,72
|
6171,43
|
6041,83
|
5896,22
|
5684,55
|
|
2.1 Pertambangan Migas
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
|
2.2 Pertambangan Non Migas
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
|
2.3 Penggalian
|
6380,72
|
6171,43
|
6041,83
|
5896,22
|
0,00
|
|
3. Industri Pengolahan
|
4083960,28
|
4254693,26
|
4521178,77
|
4809913,23
|
5057287,14
|
|
3.1 Subsektor Industri Makanan, Minuman, Tembakau
|
3872208,81
|
4037707,01
|
4289659,93
|
4562967,03
|
4798566,67
|
|
3.2 Subsektor Industri Tekstil, Pakaian Jadi, dan Kulit
|
76708,33
|
78682,03
|
85527,37
|
92916,93
|
97764,41
|
|
3.3 Subsektor Industri Kayu dan Sejenisnya
|
15474,56
|
15191,37
|
15425,32
|
15638,81
|
16881,35
|
|
3.4 Subsektor Industri Kertas, Percetakan dan Penerbitan
|
52428,86
|
54669,67
|
59431,40
|
64628,20
|
68641,61
|
|
3.5 Subsektor Industri Kimia, Minyak Bumi Karet dan
Plastik
|
11197,31
|
11029,35
|
11456,18
|
11903,43
|
12206,73
|
|
3.6 Subsektor Industri Barang Galian non Logam, Kecuali
Minyak Bumi dan Batubara
|
15194,79
|
15476,51
|
16070,96
|
16673,46
|
17287,71
|
|
3.7 Subsektor Industri Logam Dasar
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
|
3.8 Subsektor Industri Barang dari Logam, Mesin dan
Peralatan
|
3779,49
|
3663,84
|
3542,93
|
3524,51
|
3656,61
|
|
3.9 Subsektor Industri Pengolahan lainnya
|
36968,14
|
38273,48
|
40064,68
|
41660,86
|
42975,05
|
|
4. Listrik, Gas, dan Air Bersih
|
226610,82
|
238622,25
|
253344,93
|
273698,30
|
285191,21
|
|
4.1 Listrik
|
207971,61
|
218910,92
|
232612,55
|
251899,03
|
261595,00
|
|
4.2 Gas Kota
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
|
4.3 Air Bersih
|
18639,20
|
19711,33
|
20732,38
|
21799,27
|
23596,21
|
|
5. Kontruksi
|
332272,21
|
374935,96
|
406693,04
|
443498,76
|
484070,03
|
|
6. Perdagangan, Hotel dan
Restauran
|
5310305,69
|
5721906,62
|
6191342,82
|
6764892,36
|
7389960,00
|
|
6.1 Perdagangan
|
3924868,20
|
4236502,73
|
4592962,07
|
5011790,38
|
5478302,86
|
|
6.2 Hotel
|
85688,28
|
91162,90
|
97062,05
|
107398,45
|
116678,63
|
|
6.3 Restauran
|
1299749,22
|
1394240,99
|
1501318,69
|
1645712,52
|
1794978,51
|
|
7. Pengangkutan dan
Komunikasi
|
430545,59
|
460113,26
|
492812,03
|
531807,80
|
575756,07
|
|
a. Angkutan
|
193131,73
|
202420,25
|
213276,96
|
228203,36
|
241898,75
|
|
1. Angkutan Rel
|
10991,20
|
11796,31
|
12442,74
|
13394,37
|
14543,81
|
|
2. Angkutan Jalan Raya
|
168462,32
|
175824,12
|
184931,81
|
197662,52
|
208533,58
|
|
3. Angkutan Laut
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
|
4. Angkutan Penyeberangan
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
|
5. Angkutan Udara
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
|
6. Jasa Penunjang Angkutan
|
13678,21
|
14799,82
|
15902,41
|
17146,47
|
18821,36
|
|
b. Komunikasi
|
237413,86
|
257693,01
|
279535,07
|
303604,44
|
333857,32
|
|
1. Pos dan Telekomunikasi
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
|
2. Jasa Penunjang Komunikasi
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
|
8. Keuangan, Persewaan dan Jasa
Perusahaan
|
1014463,01
|
1076000,18
|
1147143,50
|
1227667,56
|
1311652,31
|
|
8.1 Bank
|
75556,91
|
80354,77
|
85875,15
|
91707,36
|
98220,86
|
|
8.2 Lembaga Keuangan Bukan Bank
|
75212,35
|
80951,05
|
85678,59
|
90769,62
|
96622,44
|
|
8.3 Sewa Bangunan
|
487940,51
|
518924,73
|
554938,11
|
596153,36
|
640560,59
|
|
8.4 Jasa Perusahaan
|
375753,24
|
295769,62
|
420651,65
|
449037,23
|
476248,43
|
|
9. Jasa-jasa
|
1758219,63
|
1856556,91
|
1966921,35
|
2067445,18
|
2195916,22
|
|
a. Pemerintahan Umum
|
255440,94
|
271661,43
|
284375,19
|
295251,97
|
305547,41
|
|
b. Swasta
|
1502778,69
|
1584895,47
|
1682546,16
|
1772193,20
|
1890368,81
|
|
1. Jasa Sosial Kemasyarakatan
|
288053,83
|
306258,83
|
325700,14
|
347004,19
|
373428,56
|
|
2. Jasa Hiburan dan Kebudayaan
|
86249,97
|
90803,97
|
95961,64
|
101028,41
|
107252,89
|
|
3. Jasa Perorangan dan Rumah Tangga
|
1128474,89
|
1187832,67
|
1260884,38
|
1324160,60
|
1409687,36
|
|
PDRB DENGAN MIGAS
|
13218916,86
|
14044625,15
|
15038460,40
|
16176980,57
|
17357450,81
|
Sumber Data : BPS Kota Malang Tahun 2009 - 2013
Tabel. 3 Produk
Domestik Regional Provinsi Jawa Timur Atas Dasar Harga Konstan 2000 Tahun
2009-2013
|
||||||
Sektor/Sub Sektor
|
2009
|
2010
|
2011
|
2012*)
|
2013**)
|
|
1. Pertanian
|
50208896,71
|
51329548,83
|
52628433,15
|
54463942,77
|
55330095,90
|
|
1.1 Tanaman Bahan Makanan
|
27776011,76
|
28231662,67
|
28774273,14
|
29602961,48
|
29912980,00
|
|
1.2 Tanaman Perkebunan
|
7171086,42
|
7237133,25
|
7456131,01
|
7632728,73
|
7728647,13
|
|
1.3 Peternakan
|
8365702,81
|
8647808,86
|
9009563,08
|
9341723,33
|
9438365,01
|
|
1.4 Kehutanan
|
639151,59
|
728382,30
|
772918,65
|
975927,50
|
1040646,23
|
|
1.5 Perikanan
|
6256944,13
|
6484561,75
|
6615547,26
|
6910601,73
|
7209457,54
|
|
2. Pertambangan dan
Penggalian
|
7104816,81
|
7757319,82
|
8228632,48
|
8419507,76
|
8697627,56
|
|
2.1 Pertambangan Migas
|
1329806,66
|
1667050,50
|
1831926,85
|
1798951,44
|
1815707,20
|
|
2.2 Pertambangan Non Migas
|
608409,32
|
673233,66
|
724182,21
|
754210,34
|
789664,42
|
|
2.3 Penggalian
|
5166600,83
|
5417035,66
|
5672523,42
|
5866345,97
|
6092255,93
|
|
3. Industri Pengolahan
|
83299893,42
|
86900779,13
|
92171191,46
|
98017056,47
|
103497232,68
|
|
3.1 Subsektor Industri Makanan, Minuman, Tembakau
|
45170406,97
|
47175579,65
|
50128722,79
|
53809756,53
|
57077658,81
|
|
3.2 Subsektor Industri Tekstil, Pakaian Jadi, dan Kulit
|
2564655,55
|
2685264,58
|
2776688,62
|
2823991,38
|
2969045,76
|
|
3.3 Subsektor Industri Kayu dan Sejenisnya
|
1845640,20
|
1799319,90
|
1965794,68
|
2015165,51
|
2165378,60
|
|
3.4 Subsektor Industri Kertas, Percetakan dan Penerbitan
|
14666540,74
|
15420432,38
|
16083768,72
|
16749735,74
|
17214014,02
|
|
3.5 Subsektor Industri Kimia, Minyak Bumi Karet dan
Plastik
|
8110967,24
|
8344844,63
|
9020876,59
|
9918950,24
|
10749270,64
|
|
3.6 Subsektor Industri Barang Galian non Logam,
|
2721494,91
|
2741959,47
|
3137569,11
|
3208264,78
|
3511771,18
|
|
Kecuali Minyak Bumi dan Batubara
|
|
|
|
|
|
|
3.7 Subsektor Industri Logam Dasar
|
3227875,82
|
3441989,12
|
3636459,99
|
3962094,37
|
4121654,92
|
|
3.8 Subsektor Industri Barang dari Logam, Mesin dan
Peralatan
|
2912599,55
|
3025131,23
|
3106283,51
|
3190012,34
|
3205859,54
|
|
3.9 Subsektor Industri Pengolahan lainnya
|
2079712,41
|
2266258,17
|
2315027,45
|
2339085,58
|
2482579,22
|
|
4. Listrik, Gas, dan Air Bersih
|
4361515,81
|
4642081,81
|
4932084,36
|
5238431,69
|
5486499,10
|
|
4.1 Listrik
|
3016504,77
|
3239899,26
|
3569246,08
|
3869377,14
|
4083328,65
|
|
4.2 Gas Kota
|
1079881,98
|
1119912,20
|
1048365,99
|
1037149,12
|
1050164,79
|
|
4.3 Air Bersih
|
265129,05
|
282270,36
|
314472,29
|
331905,43
|
353005,66
|
|
5. Kontruksi
|
10307883,76
|
10992599,76
|
11994825,72
|
12840565,41
|
14006020,59
|
|
6. Perdagangan, Hotel dan Restauran
|
95983867,09
|
106229112,97
|
116645214,35
|
128375498,60
|
139431307,45
|
|
6.1 Perdagangan
|
78452805,70
|
86937627,10
|
95198460,50
|
105151262,62
|
114070202,22
|
|
6.2 Hotel
|
2712067,25
|
3066903,32
|
3345093,50
|
3589853,75
|
3894389,69
|
|
6.3 Restauran
|
14818994,15
|
16224582,56
|
18101660,35
|
19634382,24
|
21466715,55
|
|
7. Pengangkutan
dan Komunikasi
|
22781527,67
|
25076424,92
|
27945256,13
|
30640913,33
|
33837742,37
|
|
a. Angkutan
|
11911782,55
|
12788434,52
|
13856861,63
|
14959763,82
|
16241283,29
|
|
1. Angkutan Rel
|
145838,88
|
166740,15
|
183182,51
|
175240,83
|
174920,35
|
|
2. Angkutan Jalan Raya
|
3935179,01
|
4098356,76
|
4281086,08
|
4595499,74
|
4995001,83
|
|
3. Angkutan Laut
|
882984,19
|
890729,74
|
965379,13
|
1033556,67
|
1106882,29
|
|
4. Angkutan Penyeberangan
|
87233,68
|
54926,11
|
57265,57
|
55844,61
|
56510,58
|
|
5. Angkutan Udara
|
2394426,54
|
2707994,91
|
3102366,08
|
3459203,39
|
3864596,40
|
|
6. Jasa Penunjang Angkutan
|
4466120,24
|
4869686,86
|
5267582,26
|
5640418,57
|
6043371,84
|
|
b. Komunikasi
|
10869745,12
|
12287990,40
|
14088394,50
|
15681149,51
|
17596459,08
|
|
8. Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan
|
17395393,53
|
18659490,17
|
20186109,19
|
21782339,97
|
23455842,04
|
|
8.1 Bank
|
4348490,22
|
4699990,97
|
5153252,96
|
5689640,29
|
6256518,70
|
|
8.2 Lembaga Keuangan Bukan Bank
|
2124998,52
|
2405942,47
|
2751977,74
|
3028945,58
|
3329229,72
|
|
8.3 Sewa Bangunan
|
6500638,75
|
6930927,88
|
7523531,42
|
8173806,71
|
8757102,35
|
|
8.4 Jasa Perusahaan
|
4421266,05
|
4622628,84
|
4757347,08
|
4889947,40
|
5112991,26
|
|
9. Jasa-jasa
|
29417374,11
|
30693407,48
|
32251530,62
|
33884591,41
|
35686078,02
|
|
a. Pemerintahan Umum
|
9492398,21
|
9680399,48
|
10041907,15
|
10474699,67
|
10859486,14
|
|
b. Swasta
|
19924975,90
|
21013008,00
|
22209623,47
|
23409891,73
|
24826591,88
|
|
1. Jasa Sosial Kemasyarakatan
|
2503599,79
|
2668442,05
|
2781581,99
|
2956494,81
|
3155498,16
|
|
2. Jasa Hiburan dan Kebudayaan
|
969303,96
|
1093919,02
|
1284814,80
|
1379648,59
|
1485199,91
|
|
3. Jasa Perorangan dan Rumah Tangga
|
16452072,15
|
17250646,92
|
18143226,68
|
19073748,33
|
20185893,81
|
|
Jawa Timur
|
320861168,91
|
342280764,89
|
366983277,46
|
393662847,40
|
419428445,69
|
Sumber Data : BPS Provinsi Jawa Timur Tahun 2009 - 2013
1.2.3 Data LQ PDRB ADHK Kota Malang
tahun 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2013
Sektor/Sub Sektor
|
2009
|
2010
|
2011
|
2012
|
2013
|
Keterangan
|
|
NILAI LQ
|
|||||||
1.
Pertanian
|
0,03
|
0,03
|
0,02
|
0,13
|
0,93
|
NON BASIS
|
|
1.1 Tanaman Bahan Makanan
|
0,62
|
0,62
|
0,65
|
0,55
|
0,97
|
NON BASIS
|
|
1.2 Tanaman Perkebunan
|
3,08
|
3,07
|
2,8
|
0,14
|
1,01
|
BASIS
|
|
1.3 Peternakan
|
1,29
|
1,32
|
1,44
|
0,18
|
1,03
|
BASIS
|
|
1.4 Kehutanan
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
NON BASIS
|
|
1.5 Perikanan
|
0,01
|
0,01
|
0,01
|
0,13
|
1,03
|
NON BASIS
|
|
2.
Pertambangan dan Penggalian
|
0,02
|
0,02
|
0,02
|
0,02
|
0,02
|
NON BASIS
|
|
2.1 Pertambangan Migas
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
NON BASIS
|
|
2.2 Pertambangan Non Migas
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
NON BASIS
|
|
2.3 Penggalian
|
1,38
|
1,43
|
1,45
|
1,44
|
1,43
|
BASIS
|
|
3. Industri Pengolahan
|
1,19
|
1,19
|
1,2
|
1,19
|
1,18
|
BASIS
|
|
3.1 Subsektor Industri Makanan, Minuman, Tembakau
|
1,75
|
1,75
|
1,74
|
1,73
|
1,72
|
BASIS
|
|
3.2 Subsektor Industri Tekstil, Pakaian Jadi, dan Kulit
|
0,61
|
0,6
|
0,63
|
0,67
|
0,67
|
NON BASIS
|
|
3.3 Subsektor Industri Kayu dan Sejenisnya
|
0,17
|
0,17
|
0,16
|
0,16
|
0,16
|
NON BASIS
|
|
3.4 Subsektor Industri Kertas, Percetakan dan Penerbitan
|
0,07
|
0,07
|
0,08
|
0,08
|
0,08
|
NON BASIS
|
|
3.5 Subsektor Industri Kimia, Minyak Bumi Karet dan
Plastik
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,02
|
0,02
|
NON BASIS
|
|
3.6 Subsektor Industri Barang Galian non Logam,
|
0,11
|
0,12
|
0,1
|
0,11
|
0,1
|
NON BASIS
|
|
3.7 Subsektor Industri Logam Dasar
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
NON BASIS
|
|
3.8 Subsektor Industri Barang dari Logam, Mesin dan
Peralatan
|
0,03
|
0,02
|
0,02
|
0,02
|
0,02
|
NON BASIS
|
|
3.9 Subsektor Industri Pengolahan lainnya
|
0,36
|
0,34
|
0,35
|
0,37
|
0,35
|
NON BASIS
|
|
4. Listrik, Gas, dan Air Bersih
|
1,26
|
1,25
|
1,25
|
1,27
|
1,26
|
BASIS
|
|
4.1 Listrik
|
1,33
|
1,31
|
1,27
|
1,25
|
1,23
|
BASIS
|
|
4.2 Gas Kota
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
NON BASIS
|
|
4.3 Air Bersih
|
1,35
|
1,36
|
1,28
|
1,26
|
1,29
|
BASIS
|
|
5. Kontruksi
|
0,78
|
0,83
|
0,83
|
0,84
|
0,84
|
NON BASIS
|
|
6. Perdagangan, Hotel dan Restauran
|
1,34
|
1,31
|
1,3
|
1,28
|
1,28
|
BASIS
|
|
6.1 Perdagangan
|
0,9
|
0,9
|
0,91
|
0,9
|
0,91
|
NON BASIS
|
|
6.2 Hotel
|
0,57
|
0,55
|
0,55
|
0,57
|
0,57
|
NON BASIS
|
|
6.3 Restauran
|
1,59
|
1,6
|
1,56
|
1,59
|
1,58
|
BASIS
|
|
7. Pengangkutan dan
Komunikasi
|
0,46
|
0,45
|
0,43
|
0,42
|
0,41
|
NON BASIS
|
|
a. Angkutan
|
0,86
|
0,86
|
0,87
|
0,88
|
0,88
|
NON BASIS
|
|
1. Angkutan Rel
|
3,99
|
3,86
|
3,85
|
4,4
|
4,89
|
BASIS
|
|
2. Angkutan Jalan Raya
|
2,27
|
2,34
|
2,45
|
2,48
|
2,45
|
BASIS
|
|
3. Angkutan Laut
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
NON BASIS
|
|
4. Angkutan Penyeberangan
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
NON BASIS
|
|
5. Angkutan Udara
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
NON BASIS
|
|
6. Jasa Penunjang Angkutan
|
0,16
|
0,17
|
0,17
|
0,18
|
0,18
|
NON BASIS
|
|
b. Komunikasi
|
1,16
|
1,14
|
1,13
|
1,12
|
1,12
|
BASIS
|
|
8. Keuangan, Persewaan dan Jasa
Perusahaan
|
1,42
|
1,41
|
1,39
|
1,37
|
1,35
|
BASIS
|
|
8.1 Bank
|
0,3
|
0,3
|
0,29
|
0,29
|
0,28
|
NON BASIS
|
|
8.2 Lembaga Keuangan Bukan Bank
|
0,61
|
0,58
|
0,55
|
0,53
|
0,52
|
NON BASIS
|
|
8.3 Sewa Bangunan
|
1,29
|
1,3
|
1,3
|
1,29
|
1,31
|
BASIS
|
|
8.4 Jasa Perusahaan
|
1,46
|
1,11
|
1,56
|
1,63
|
1,67
|
BASIS
|
|
9. Jasa-jasa
|
1,45
|
1,47
|
1,49
|
1,48
|
1,49
|
BASIS
|
|
a. Pemerintahan Umum
|
0,45
|
0,46
|
0,46
|
0,46
|
0,46
|
NON BASIS
|
|
b. Swasta
|
1,26
|
1,25
|
1,24
|
1,24
|
1,24
|
BASIS
|
|
1. Jasa Sosial Kemasyarakatan
|
1,93
|
1,9
|
1,92
|
1,92
|
1,92
|
BASIS
|
|
2. Jasa Hiburan dan Kebudayaan
|
1,49
|
1,37
|
1,22
|
1,2
|
1,17
|
BASIS
|
|
3. Jasa Perorangan dan Rumah Tangga
|
1,15
|
1,14
|
1,14
|
1,14
|
1,13
|
BASIS
|
Sumber Data : Data Sekunder
1.3 Deskripsi Subsektor
Kota Malang menerima penghargaan
inisiatif terbaik untuk kelembagaan dan inovasi di bidang air minum. Sampai
tahun 2011, angka cakupan layanan air minum mencapai 74% dan 60% untuk
sanitasi. Keunggulan Kota Malang terletak pada koordinasi kelembagaan dan
pelayanan Zona Air Minum Prima (ZAMP). Koordinasi kelembagaan dan pelayanan air
minum dipayungi Perda terkait AMPL 13 buah, Peraturan Walikota (Perwali) 5 buah
dan Surat Keputusan (SK) Pokja Sanitasi tahun 2011. Melalui ZAMP, Perusahaan
Air Minum Daerah (PDAM) Kota Malang juga mengklaim layanan air minum pada
beberapa zona dinyatakan bebas bakteri sehingga layak minum. Sektor air bersih
(selanjutnya ditulis SAB) semakin mendapatkan perhatian yang signifikan.
Dalam World Summit on Sustainable Development
(WSSD) di Johanesburg, 2 hingga 4 September 2002, air bersih menjadi sorotan
diantara lima bidang (diberi akronim WEHAB) yang didiskusikan, yakni water,
energy, health, agriculture dan biodiversity. Diposisikan terdepan
mengindikasikan bahwa air bersih (atau lebih luas sanitasi dan sumber daya air)
memuat derajat kepentingan, kepekaan, dan kedalaman yang signifikan dalam
pembangunan meliputi aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Kerangka aksi
(frameworks for action) penyediaan air bersih menyatakan akan mengurangi hingga
setengahnya pada tahun 2015 dari keadaan sekarang dimana ada satu miliar
penduduk tanpa akses air bersih dan dua miliar penduduk dengan sanitasi yang
buruk. Pada sisi yang lain, perkiraan adanya
tambahan 2.4 miliar penduduk di perkotaan antara tahun 1990 hingga 2020 dimana
empat puluh persen terkonsentrasi di benua Asia (Serageldin 1995), dipastikan
akan menciptakan krisis air di wilayah perkotaan dan gangguan ekologi (Brown
1997).
Kerangka kebijakan air bersih di
Indonesia mengacu pada pengembangan air bersih wilayah perkotaan dengan
bertumpu kepada investasi. Pendekatan investasi tersebut dipengaruhi oleh tiga
faktor: (a) karakteristik air baku, yang memperhatikan jenis sumber air, kuantitas dan kualitas, serta debit andalan;
(b) kebijakan pemerintah, yang memfokuskan kepada penataan ruang, pertumbuhan
ekonomi dan investasi, dan demografi; dan (c) teknologi produksi, yang
mempertimbangkan efisiensi ekonomi, distribusi, dan cakupan pelayanan.
Faktor-faktor tersebut merupakan kerangka (kebijakan) baku dalam implementasi
pembangunan SAB. Secara teknis dan operasional, hal tersebut diimplementasikan
oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sebagai lembaga ekonomi penyedia air
bersih. Implikasinya, kinerja PDAM menjadi ukuran penting dan menjadi harapan
bagi keberhasilan kebijakan SAB.
Sector yang dianalisis dalan
Perencanaan Peningkatan Kinerja Ekonomi Wilayah di Kota Malang pada Sektor
Listrik, Gas, dan Air Bersih ini mengacu pada subsector Air Bersih dengan nilai
LQ > 1. Subsector Air Bersih ini merupakan sector basis yang memiliki
potensi untuk dioptimalisasikan dalam pengembangan wilayah selanjutnnya. Karena
berdasarkan Misi Pemerintah Kota Malang yang terdapat pada Rencana Pembangunan
Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Malang Tahun 2013 – 2018 yaitu Mendorong
Produktivitas Industri dan Ekonomi skala besar yang berdaya saing, etis dan
berwawasan lingkungan; Membangun kota
malang sebagai kota tujuan wisata yang aman, nyaman, dan berbudaya; dan
Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat baik fisik, maupun mental untuk
menjadi masyarakat produktif.
Tentunya dalam mencapai tujuan dari
beberapa misi tersebut membutuhkan ketersediaan air bersih dalam jumlah yang
sangat banyak. Produksi air bersih yang diproduksi rata-rata sebulan oleh PDAM
Kota Malang selama tahun 2010 berkisar 3 Juta m3 . Dari hasil analisa didapat
bahwa total produksi PDAM Kota Malang sudah bisa memenuhi kebutuhan penduduk di
Kota Malang dengan kelebihan produksi sebesar 155.255.930 I/hari. Penanganan
yang perlu dilakukan adalah perlunya peningkatan jaringan distribusi, dengan
melakukan penambahan dan dengan mengurangi tingkat kebocoran.
Dalam pengembangan subsector air
bersih yang termasuk kedalam basis. Maka, perencanaan dalam Peningkatan Kinerja
Ekonomi perlu ditingkatkan lebih efektif dan lebih baik. Untuk mencapai misi
pemerintah Kota Malang maka, penyediaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan
beberapa bidang seperti industry, peningkatan kesejahteraan masyarakat juga
dibutuhkan air bersih dalam jumlah yang banyak untuk menghindarkan masyarakat
dari penyakit yang berasal dari air kotor. Tidak hanya itu, jumlah penduduk
yang ingin terus mengkonsumsi air bersih juga semakin bertambah. Maka dari itu
perlu ditingkatkan.
II.
PEMILIHAN STRATEGI PEMBANGUNAN
DAERAH SUBSEKTOR AIR BERSIH
2.1 Penentuan Tujuan dan Kriteria
Mewujudkan keadaan yang diinginkan
dalam waktu 5 (lima) tahun mendatang dalam urusan pemenuhan kebutuhan air
bersih untuk masyarakat, dalam rangka
kelanjutan pembangunan jangka panjang nasional. Maka dilakukan beberapa
upaya antara lain:
a.
Meningkatkan presentase
pelanggan PDAM di Kota Malang;
b.
Meningkatkan jumlah
persebaran Zona Air Minum di Kota
Malang;
c.
Peningkatan Jumlah Produksi
Air;
d.
Pemetaan Sebaran Kawasan
Imbuhan dan Sumur;
e.
Meningkatkan upaya penekanan
tingkat kehilangan air
f.
Meningkatkan kualitas dan
kuantitas sarana-prasarana sumber air.
2.2 Penerbitan Kemungkinan Tindakan
Kemungkinan tindakan yang dapat
dilakukan untuk menjalankan master plan yang telah dibuat antara lain :
2.2.1
Upaya Peningkatan Kapasitas Produksi
a.
Upaya perolehan Sumber Air Baku
b.
Alternatif pembangunan danau kota sebagai
cadangan sumber air baku
2.2.2
Analisis Potensi Pelanggan
a.
Potensi Pelanggan
b.
Usulan survey potensi pelanggan
2.2.3
Upaya Menekan Tingkat Kehilangan Air
a.
Sistem Zonasi dan DMA
b.
Upaya Improvisasi zonasi dan DMA
c.
Pemodelan Hidrolika zonasi
2.2.4
Pemetaan Kawasan Imbuhan
a.
Peta kawasan imbuhan sumber air baku
b.
Sebaran sumur di Kota Malang
c.
Rekomendasi kegiatan lanjutan
2.2.5
Rencana Kegiatan Tahun 2012 - 2025
a.
Pembangunan sumber baru
b.
Perlindungan sumber air baku
c.
Usulan Peraturan Daerah tentang perizinan
pengelolaan ABT Kota Malang
2.2.6
Sterilisasi Jaringan Pipa Transmisi
a.
Improvisasi Jaringan
b.
Pengadaan dan pemasangan PRV dan Meter DMA
c.
Pengembangan Jaringan
d.
Perbaikan pipa asbes
e.
Penggantian meter pelanggan
2.2.7
Pelayanan ZAMP
2.2.8
Rencana Induk Sistem Distribusi Air Minum
Tahun 20015- 2025
2.2.9
Beban Tandon (Resevoir Loading)
2.2.10
Survei potensi Pelanggan
2.2.11
Program Capacyty Bilding (aplikasi GIS dan
Hidrolika Terintegrasi)
2.2.12
Monitoring dan Evaluasi
2.3
Penyusunan Target Strategi
Tabel 4. Strategi,
Sasaran dan Langkah Operasional dalam Pengembangan Sektor Air Bersih
No.
|
Target Strategi
|
Tahun
|
||||
2016
|
2017
|
2018
|
2019
|
2020
|
||
1.
|
Adanya kebijakan yang mendukung peningkatan kualitas
dan kuantitas sarana-prasarana
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
2.
|
Sosialaisasi Zona Air Minum kepada masyarakat luas
|
2 Kegiatan
|
2 ,Kegiatan
|
3 Kegiatan
|
3 Kegiatan
|
3 Kegiatan
|
3.
|
Tersedianya Informasi tentang layanan air bersih
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
4.
|
Bimbingan pelaksanaan Penanaman pohon di lahan potensial
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
III.
PEMILIHAN PROYEK-PROYEK
PEMBANGUNAN
3.1 IDENTIFIKASI PROYEK POTENSIAL
Proyek potensial yang dapat
dikembangkan untuk meningkatkan sector air bersih yaitu :
a.
Meningkatkan presentase
pelanggan PDAM di Kota Malang;
b.
Meningkatkan jumlah
persebaran Zona Air Minum di Kota
Malang;
c.
Peningkatan Jumlah Produksi
Air;
d.
Pemetaan Sebaran Kawasan
Imbuhan dan Sumur;
e.
Meningkatkan upaya penekanan
tingkat kehilangan air;
f.
Meningkatkan kualitas dan
kuantitas sarana-prasarana sumber air.
3.2 PENILAIAN KELAYAKAN PROYEK
Pelaksanaan atau penyelenggaraan suatu
proyek tentunya memiliki hambatan yang akan menjadi faktor cepat atau lambannya
terselesaikannya proyek tersebut. Sehingga dibutuhkan penilaian kelayakan
No.
|
Proyek
|
Penilaian
|
|
Kondisi Tekini
|
Kelayakan
|
||
1.
|
Meningkatkan presentase pelanggan PDAM di Kota Malang
|
Jumlah pelanggan tetap PDAM masih
mengalami fluktuasi namun, secara keseluruhan dari tahun ke tahun mengalami
peningkatan.
|
Proyek ini sangat layak untuk
dilakukan karena akan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pelanggan.
|
2.
|
Meningkatkan
jumlah persebaran Zona Air
Minum di Kota Malang;
|
Kurangnya Zona Air Minun yang ada
|
Proyek ini sangat baik untuk mengenalkan Air Minun Steril kepada masyarakat luas
|
3.
|
Peningkatan Jumlah Produksi Air
|
Produksi Air Minun kurang ditingkatkan
|
Proyek ini guna
meningkatkan jumlah pelanggan tetap
|
4.
|
Pemetaan
Sebaran Kawasan Imbuhan dan Sumur
|
Kurangnya sumur dan kawasan Imbuhan yang dijadikan
daerah tangkapan air hujan
|
Proyek ini berguna untuk memantau persebaran fungsi
sumur
|
5.
|
Meningkatkan upaya penekanan tingkat kehilangan air
|
Masih banyak pipa penyalur air bersih yang mengalami
kebocoran
|
Proyek ini layak untuk menanggulangi kerugian dan
kehilangan air bersih
|
6.
|
Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana-prasarana
sumber air
|
Kurangnya sarana prasarana yang memadai, masih ada
kerusakan
|
Proyek ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan
masyarakat
|
IV.
PEMBUATAN RENCANA TINDAKAN
4.1
Pra Penilaian Hasil Proyek
Penentuan sebuah proyek yang akan
dilakukan akan menghasilkan sejumlah permasalahan dalam penerapannya yang akan
dilakukan.maka diperlukan kegiatan
penilaian yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan.
No.
|
Proyek
Prioritas
|
Proyek
Potensial
|
Pertimbangan
|
1.
|
Meningkatkan Kinerja Operasional
dan Sumberdaya Manusia
|
1.
Meningkatkan presentase pelanggan PDAM di Kota Malang;
2.
Meningkatkan jumlah persebaran Zona Air Minum di Kota Malang;
3.
Peningkatan Jumlah Produksi
Air;
4.
Pemetaan Sebaran Kawasan Imbuhan dan Sumur;
5.
Meningkatkan upaya penekanan
tingkat kehilangan air;
6.
Meningkatkan kualitas dan
kuantitas sarana-prasarana sumber air.
|
Berdasarkan penyelenggaraan proyek
yang akan dilakukan bagian untuk meningkatkan kinerja operasional dan
sumberdaya manusia. Dengan demikian akan membantu tercapainya tujuan proyek
PDAM Kota Malang.
|
ngembangan Input Proyek
No.
|
Proyek Prioritas
|
Proyek Potensial
|
Tahun
|
Total Biaya dan Sumber Dana
|
Pelaksanaan
|
||||
2016
|
2017
|
2018
|
2019
|
2020
|
|||||
1.
|
Meningkatkan
Kinerja Operasional dan Sumberdaya Manusia
|
Meningkatkan presentase pelanggan PDAM di Kota Malang
|
50.000.000
|
50.000.000
|
50.000.000
|
50.000.000
|
50.000.000
|
250.000.000 (APBD Kota Malang)
|
PDAM
Kota Malang
|
Meningkatkan jumlah persebaran Zona Air Minum di Kota Malang
|
100.000.000
|
100.000.000
|
100.000.000
|
100.000.000
|
100.000.00
|
500.000.000 (APBD Kota
Malang)
|
PDAM
Kota Malang
|
||
Peningkatan
Jumlah Produksi Air
|
250.000.000
|
250.000.000
|
250.000.000
|
250.000.000
|
250.000.000
|
1.250.000.000 (APBD
Kota Malang)
|
PDAM
Kota Malang
|
||
Pemetaan Sebaran Kawasan Imbuhan dan Sumur
|
100.000.000
|
100.000.000
|
100.000.000
|
100.000.000
|
100.000.000
|
500.000.000 (APBD Kota Malang)
|
PDAM
Kota Malang
|
||
Meningkatkan
upaya penekanan tingkat kehilangan air
|
250.000.000
|
250.000.000
|
250.000.000
|
250.000.000
|
250.000.000
|
1.250.000.000 (APBD Kota Malang)
|
PDAM
Kota Malang
|
||
Meningkatkan
kualitas dan kuantitas sarana-prasarana sumber air.
|
100.000.000
|
100.000.000
|
100.000.000
|
100.000.000
|
100.000.000
|
500.000.000
(APBD Kota Malang)
|
PDAM
Kota Malang
|
4.3 Penentuan Alternatif Sumber Pembiayaan
No.
|
Proyek
|
Sumber Dana
|
Alternatif Sumber Dana
|
1
|
Meningkatkan Kinerja Operasional
dan Sumberdaya Manusia
|
APBD Kota Malang
|
Pendapatan
Hibah
|
Dana
Penyesuaian dan Otonomi Khusus
|
|||
Bantuan
Keuangan dari Provinsi dan Pemerintah daerah lain
|
|||
Bantuan
Keuangan dari Provinsi dan Pemerintah daerah lain
|
4.4 Identifikasi Struktur Proyek
Struktur proyek yang akan digunakan
adalah struktur berdasarkan dari tujuan kegiatan yang akan dilakukan. Dengan
menentukan struktur akan menghasilkan sejumlah kegiatan yang berhubungan dengan
peningkatan kinerja operasional dan sumberdaya manusia dalamsektor Air Bersih
di Kota Malang.
No.
|
Proyek
|
Struktur Bagian
|
Instansi
|
1.
|
Meningkatkan presentase pelanggan PDAM di Kota Malang
|
Sub Bagian Pengendalian
dan Pengontrolan
|
PDAM Kota Malang
|
2.
|
Meningkatkan jumlah persebaran Zona Air Minum di Kota Malang
|
Sub Bagian Pengendalian
dan Pengontrolan
|
PDAM Kota Malang
|
3.
|
Peningkatan Jumlah Produksi Air
|
Sub Bagian Pengendalian
dan Pengontrolan
|
PDAM Kota Malang
|
4.
|
Pemetaan Sebaran Kawasan Imbuhan dan Sumur
|
Sub Bagian Pengendalian
dan Pengontrolan
|
PDAM Kota Malang
|
5.
|
Meningkatkan upaya penekanan
tingkat kehilangan air
|
Sub Bagian Pengendalian
dan Pengontrolan
|
PDAM Kota Malang
|
6.
|
Meningkatkan kualitas dan
kuantitas sarana-prasarana sumber air.
|
Sub Bagian Pengendalian
dan Pengontrolan
|
PDAM Kota Malang
|
V.
PENENTUAN RINCIAN PROYEK (STUDI
KELAYAKAN, BUSSINES PLAN)
No.
|
Proyek
|
Pemasukan (Rp.)
|
Pengeluaran
|
Hasil
|
1.
|
Meningkatkan presentase pelanggan PDAM di Kota Malang
|
50.000.000
|
Meningkatnya jumlah pelanggan
tetap PDAM Kota Malang
|
Bertambahnya jumlah Pelanggan
|
2.
|
Meningkatkan jumlah persebaran Zona Air Minum di Kota Malang
|
100.000.000
|
Membangun Zona Air Minum di tempat
strategis
|
Ada peningkatan jumlah Zona Air
Minum
|
3.
|
Peningkatan Jumlah Produksi Air
|
50.000.000
|
Peningkatan jumlah produksi air
|
Produksi air bersih meningkat
sedikit
|
4.
|
Pemetaan Sebaran Kawasan Imbuhan dan Sumur
|
250.000.000
|
Memetakan lokasi kawasan Imbuhan
dan sumur
|
Informasi kawasan imbuhan dan
sumur dapat disajikan dengan baik
|
5.
|
Meningkatkan upaya penekanan
tingkat kehilangan air
|
100.000.000
|
Pengawasan dan pembenahan pipa
atau selang yang rusak
|
Menurunnya jumlah kebocoran air
yang terjadi
|
6.
|
Meningkatkan kualitas dan
kuantitas sarana-prasarana sumber air.
|
250.000.000
|
Memperbaiki sarana dan prasarana
yang rusak
|
Berkurangnya jumlah sarana
prasarana yang rusak
|
VI.
PERSIAPAN PERENCANAAN SECARA KESELURUHAN
DAN IMPLEMENTASI (SKEDUL IMPLEMENTASI RENCANA PROYEK, PENYUSUNAN RENCANA
PROGRAM PEMBANGUNAN, PEMASARAN KEBUTUHAN KEUANGAN)
No.
|
Proyek
(Implementasi Utama)
|
Kinerja Utama
|
Skedul
|
Target
|
Implementasi
|
Implementasi (%)
|
Kategori
|
1.
|
Meningkatkan
presentase pelanggan PDAM di Kota Malang
|
Peningkatan presentasi pelanggan
|
6 Semester pertama
|
9 Kerjasama
|
Terlaksana
|
100
|
Berhasil, jika kerjasama dengan instasi lain dapat berjalan
lancer dan membantu peningkatan pembangunan di Kota Malang dalam hal supplei
air bersih.
|
2.
|
Meningkatkan
jumlah persebaran Zona Air
Minum di Kota Malang
|
Peningkatan jumlah persebaran Zona Air Minum
|
4 Semester pertama
|
5 Kerjasama
|
Terlaksana
|
100
|
Berhasil, jika masyarakat luas dapat merasakan manfaat dari
adanya Zona Air Minum di Kota Malang
|
3.
|
Peningkatan Jumlah Produksi Air
|
Peningkatan Jumlah produksi Air
|
4 Semester pertama
|
2 Kerjasama
|
Terlaksana
|
100
|
Berhasil,jika terdapat kerjasama yang baik dengan instansi
lainnya. Termasuk kerjasama dengan instansi berbasis lingkungan hidup
|
4.
|
Pemetaan
Sebaran Kawasan Imbuhan dan Sumur
|
Informasi pemetaan persebaran kawasan imbuhan dan sumur
|
3 Semester pertama
|
3 Kerjasama
|
Terlaksana
|
100
|
Berhasil, bila masyarakat luas dapat mengakses informasi
dengan mudah
|
5.
|
Meningkatkan upaya penekanan tingkat kehilangan air
|
Penurunan tingkat kehilangan dan kebocoran air
|
3 Semester pertama
|
4 Kerjasama
|
Terlaksana
|
100
|
Berhasil, jika tingkat kehilangan air dari tahun ke tahun
dapat berkurang dan ditekan
|
6.
|
Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana-prasarana
sumber air.
|
Kualitas dan kuantitas sarana-prasarana semakin baik
|
3 Semester pertama
|
5 Kerjasama
|
Terlaksana
|
100
|
Berhasil, apabila sarana dan prasarana dapat digunakan
semaksimal mungkin
|
No.
|
Pengembangan Kinerja Utama
|
Target Pengembangan
|
Proyeksi Keberhasilan
|
||||
2016
|
2017
|
2018
|
2019
|
2020
|
|||
1.
|
Peningkatan jumlah produksi air bersih
|
3 kegiatan
|
3 kegiatan
|
6 kegiatan
|
6 kegiatan
|
8 kegiatan
|
Berhasil, apabila jumlah produksi air bersih dapat memenuhi
permintaan
|
2.
|
Peningkatan jumlah pelanggan
|
2 kegiatan
|
3 kegiatan
|
3 kegiatan
|
3 kegiatan
|
3 kegiatan
|
Berhasil, apabila jumlah pelanggan mengalami peningkatan
yang pesat
|
3.
|
Peningkatan persebaran Zona Air Minum
|
4 kegiatan
|
4 kegiatan
|
4 kegiatan
|
6 kegiatan
|
10 kegiatan
|
Berhasil, apabila masyarakat umum dapat merasakan manfaat
dari adanya Zona Air Minum di berbagai tempat strategis
|
Komentar
Posting Komentar